Banner

Kamis, 21 April 2011

LAYOUT RUANGAN

Tata Ruang Layanan

Tata ruang layanan KUA Sukoharjo dapat dijabarkan sebagai berikut :

1.     Ruang Tunggu Layanan,

Masyarakat yang menggunakan pelayanan KUA Sukoharjo dapat menunggu pelayanannya dengan tempat duduk yang nyaman menikmati minuman mineral yang disediakan sambil menyaksikan audio visual televisi atau membaca surat kabar.




















2.     Ruang Kepala KUA
Ruangan ini berukuran 3,5 x 3 meter, dilengkapi meja kerja Kepala KUA dan meja kursi tamu, dilengkapi Gambar garuda, presiden dan wakilnya, serta bendera merah putih dan panji-panji berdera Kementerian Agama serta bendera pani-panji Kabupaten Wonosobo.

3.     Ruang Layanan Administrasi,
Dalam memudahkan pelayanan dan menyelesaikannya dengan baik pelayanan administrasi  KUA Sukoharjo menggunakan LOKET LAYANAN dengan petugas khusus sesuai dengan JOB DISCRIPTION untuk pelayanan yang CEPAT TEPAT dan AKURAT :

a.     Loket  I           melayani pendaftaran pelayanan nikah/rujuk
b.     Loket 2           melayani pembayaran biaya pencatatan nikah
c.      Loket 3           melayani administrasi nikah rujuk, misalnya : permohonan rekomendasi nikah, duplikat akta nikah, keterangan nikah atau belum nikah dan surat-surat yang berhubungan dengan pencatatan nikah dan rujuk.
d.     Loket 4 melayani administrasi umum dan lintas sektoral
Dengan pelayanan menggunakan LOKET LAYANAN ini, masyarakat pengguna layanan secara mandiri dapat segera mendapatkan pelayanan dengan mudah, langsung dan cepat sesuai keperluan layanan, hal ini sesuai dengan motto layanan KUA Sukoharjo yaitu MUDAH LANGSUNG dan MANDIRI (Layanan MLM).

4.     Ruang Balai Nikah
Merupakan ruang akad nikah (ijab qabul), ruangan ini berukuran 3 x 4 meter dengan dilengkapi meja kursi akad nikah dan sofa keluarga bagi pengantar kedua mempelai. Ruangan ini didesain dengan ornament dan kaligrafi serta tanaman bunga untuk memberikan kesan rapi dan asri.





5.     Aula Pertemuan.
Aula ini adalah bekas gedung bangunan KUA Sukoharjo sebelum dibangun gedung yang baru, yang digunakan untuk kegiatan pertemuan, rapat-rapat dan kegiatan keagamaan (seperti pengajian, bimbingan baca Al Qur’an, latihan shalawat rebana atau kegiatan lain yang mendukung kegiatan kemasyarakan dan keagamaan.













6.     Ruang Perpustakaan.
Ruangan ini cukup kecil karena terletak diantara dua gedung, memang ruangannya kecil tapi cukup rapi tertata dan koleksi buku-bukunya cukup banyak dan judulnya beragam, judulnyapun bervariasi dari masalah hukum hingga masalah keluarga.  

7.     Musholla.
Tempat shalat (musholla) ini berukuran 2,5 x 3 meter, ruangan mungil dihiasi dengan ornament dan kaligrafi, dengan karpet sajadah dan sarana shalat yang memadai dan nyaman. Meskipun kecil ruangan ini cukup untuk shalat berjamaah bagi karyawan tapi selalu digunakan shalat jamaah karyawan pada shalat dhuhur dan asyar.





8.     Ruang Tempat Wudhu
Untuk keperluan wudhu bagi karyawan dan para tamu (masyarakat yang membetuhkan pelayanan KUA) tersedia 2 (dua) lokasi tempat wudhu yang terletak di sebelah kanan toilet , dan juga disebelah ruang mushalla,

9.     Ruang Kamar Mandi dan WC
KUA Sukoharjo memiliki 2 ruang Kamar Mandi dan WC.. Satu buah di ruang sebelah kanan ruang pelayanan administrasi dan yang lainnya di belakang ruang aula pertemuan, sehinnga cukup untuk keperluan karyawan ataupun tamu yang berkunjung di KUA Sukoharjo.

10. Ruang Gudang
Ruang ini memanfaatkan tanah kosong berukuran 1,75 M x 10 M diatas septitank teras samping gedung lama KUA yang ditutup dan dipagari, yang digunakan untuk menyimpan peralatan dan barang-barang.

11. Halaman dan Taman serta Ruang Parkir
Halaman dan taman menyatu, karena tidak terlalu luas maka halaman di hiasi dengan beberapa tanaman baik dalam pot atau ditanam langsung, sehingga tampak asri dan sejuk,juga ada ruang parkir untuk kendaraan sepeda motor karyawan.








12. Tanaman dalam Ruangan
Untuk menciptakan kesejukan dan keasrian ruangan, seluruh ruangan yang ada ditempatkan tanaman bunga dalam pot, selai itu seluruh ruangan bebas dari ASAP ROKOK bagi masyarakat pengguna layanan TIDAK BOLEH/DILARANG MEROKOK saat berada dalam ruangan KUA Sukoharjo dan bagi yang hendak merokok diberikan tempat untuk menikmati rokok diluar ruangan.

2 komentar:

  1. MANTAPKAN SATU TUJUAN DEMI PELAYANAN OPTIMAL
    GOOO A head

    BalasHapus
  2. Titanium trim hair cutter reviews | Titanium Art
    Titanium titanium hair clipper Art: Titanium garmin fenix 6x pro solar titanium Art has the best sia titanium of all. Titanium Art is the perfect complement titanium wedding rings to titanium keychain the traditional designs in the production

    BalasHapus

cara menanggapi Berita kami diatas,
pilih pada menu ...sebagai
kmdn pilih Name/Url,isikan kolom
Name saja nama anda kemudian lanjutkan,
isikan pesan pada kolom Pos Komentar
lalu Pos Komentar, untuk menampilkan.